BAB
II
MEMBUAT
DOKUMEN PENGOLAH ANGKA
(
MICROSOFT EXCEL 2007 )
A. Membuat, Menyimpan, Menutup,
dan Membuka Dokumen di Microsoft
word 2007 , Untuk membuat
dokumen baru, dapat dilakukan dengan cara berikut :
1.
Klik Office Button > New sehingga muncul jendela baru yang menampilkan
2.
bagian New Document.
3.
Setelah itu pilihlah Blank Document untuk membuat dokumen. ( Dapat juga
memilih salah satu dokumen template untuk membuat dokumen baru berdasarkan
template yang telah disediakan. )
Di
dalam Quick Access Toolbar juga terdapat tombol New (Gambar 4) yang berfungsi
untuk membuat dokumen baru tanpa melalui jendela baru.
|
Tombol New
di Quick Access Toolbar
|
Sebelum memulai dokumen, sebaiknya atur properti
terlebih dahulu. Pengaturan properti mempengaruhi hasil cetakan. Pengaturan
properti dapat dilakukan dengan mengklik menu Page Layout. Kemudian pada ribbon Page Setup, klik
ikon kecil pada pojok kanan bawah Contoh gambar di bawah ini
|
Ribbon Page Setup
|
sehingga muncul kotak dialog Page Setup Contoh gambar di bawah ini
|
Kotak dialog Page
Setup
|
Kotak dialog ini terdiri dari tiga bagian, yaitu
Margins, Paper, dan Layout.
·
Margins : untuk
menentukan batas atas (Top), kiri (Left), kanan (Right), dan bawah (Bottom)
dokumen, dan ada juga orientasi kertas. Gambar 6 menunjukan margin halaman.
·
Paper Size : untuk menentukan ukuran kertas yang akan digunakan dengan memilih
opsinya pada menu drop-down. Jika menginginkan ukuran kertas sendiri, dapat
diisi nilainya secara langsung pada kotak Width dan Height.
Untuk menyimpan dokumen baru, secara default nama dokumen yang dibuat akan
berurutan, yaitu Document 1, Document 2, Document 3, dan seterusnya. Cara
untuk menyimpan dokumen adalah sebagai berikut:
1.
Klik Office Button>Save atau Office Button>Save As sehingga
muncul kotak dialog Save As Contoh gambar di bawah ini.
|
Kotak dialog Save As
|
2.
Di dalam kotak dialog tersebut, lakukan pengaturan sebagai berikut:
o
Save in: tentukan lokasi folder tempat dokumen akan disimpan.
o
File name: ketikkan nama untuk identifikasi dokumen.
o
Save as type: type dokumen, gunakan default yang diberikan, yaitu Word
Document.
o
Klik tab Save untuk menyimpan dokumen tersebut.
Untuk menyimpan dokumen lama yang telah diedit, klik Office Button>Save.
Apabila dokumen tersebut hendak disimpan dengan nama yang berbeda, klik Office Button>Save As sehingga
caranya sama seperti menyimpan dokumen baru. Apabila dalam menyimpan dokumen,
nama yang digunakan sama dengan
nama yang sudah ada di dalam folder, maka kotak konfirmasi seperti pada Gambar di bawah ini akan muncul.
nama yang sudah ada di dalam folder, maka kotak konfirmasi seperti pada Gambar di bawah ini akan muncul.
|
Kotak konfirmasi
penyimpanan
|
·
Replace exiting file: menimpa file yang sudah ada dengan dokuman baru.
·
Save change with a different name: menyimpan dokumen baru denga nama lain.
·
Merge into exiting file: menggabungkan perubahan yang dilakukan kedalam
file yang sudah ada.
Setelah selesai mengedit dokumen dan memastikan sudah
menyimpannya, ada beberapa cara untuk menutup dokumen, yaitu:
·
Klik Office Button>Close.
·
Klik tombol Close Window yang terdapat dalam Title Bar.
Dokumen
yang telah disimpan dapat dibuka dengan salah satu cara berikut:
·
Klik Office Button>Open.
·
Klik tombol Open yang terdapat di dalam Quick Access Toolbar.
Sehingga
muncul kotak dialog Open , kemudian pilih file dokumen yang hendak dibuka.
0 komentar:
Posting Komentar